Sambal Tumpang, Kuliner Khas Kota Kediri Yang Melegenda – Bisnis Tiket Online

Sore brosis, gimana kabarnya di weekend yang agak sedikit mendung ini :lol: . Ada rencana apa nih brosis untuk mengisi weekend kali ini. Kalau saya sih mending dirumah saja brosis, ngumpul bareng keluarga (ngomong aja lagi bokek :twisted:). Apapun acaranya yang penting tetap safety first brosis. O iya, judule agak lebay dikit gak papa ya brosis :ngakaks. Kali ini saya akan membahas salah satu kuliner yang paling terkenal di Kediri selain tahu dan gethuk pisang. Brosis disini ada yang pernah dengar Sambal Tumpang? Mungkin sebagian ada yang sudah pernah mendengar bahkan sudah pernah mencicipi, tapi pasti ada juga yang belum pernah mendengar dan akan terdengar aneh bagi orang yang belum tau sama sekali.

bisnis tiket online

Sambel Tumpang

Sambal Tumpang adalah salah satu masakan khas dari kota Kediri. Masakan ini terbuat dari tempe yang sudah di fermentasi (baca : tempe busuk / bosok etc :D ) ditambah beberapa bumbu pendukung lain seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan sebagainya. Cara penyajiannya hampir sama dengan kuliner Sambel Pecel. Dalam satu piring ada nasi sayuran, tauge setelah itu baru di siram kuah Sambal Tumpang. Biasanya Sambal Tumpang disajikan dengan rempeyek kacang, tahu goreng, dan tempe. Tapi para penjual juga kadang menyediakan aksesoris lainnya seperti ayam goreng, telur goreng, ikan lele goreng dan masih banyak lagi (jadi laper :genit:).

Seporsi sambel tumpang dengan lauk standard (rempeyek + tahu + tempe) plus teh manis hangat bisa di dapat dengan merogoh kocek 5ribu perak saja. Itu sudah porsi kuli lo brosis :ngakaks . Di Kediri penjual sambel tumpang banyak terdapat dimana – mana. Salah satunya adalah Jalan Doho yang biasa saya sebut Malioboro – nya kota Kediri :) , Pada malam hari, di emperan toko -toko yang berjajar di sepanjang jalan Dhoho mulai banyak pedagang Sambel Tumpang / Pecel menggelar dagangannya. Selain menjadi kuliner khas kota Kediri, Sambel Tumpang ini juga menjadi sumber penghasilan bagi para pedagangnya. Karena tak jarang wisatawan dari kota lain datang ke Kediri hanya untuk sekedar mencicipi masakan khas ini.

Andaikan sambal tumpang ini tahan lama dan tidak cepat basi, bisa saja kita ekspor Sambal Tumpang ini ke luar negeri, biar terkenal ke seantero dunia bro :ngakaks . Jangan salah brosis, dengan teknologi sekarang yang serba online bukan tidak mungkin Sambel Tumpang ini akan mendunia. Masak cuman bisnis tiket pesawat sama bisnis tiket online aja yang bisa go international :D. Tapi apapun yang akan terjadi dengan sambal tumpang ke depan, saya sebagai wong kediri asli akan tetap selalu mencintai kuliner ini. Lha wong pancen uenak dan murah lo brosis :genit: . Gimana? berminat mencoba kuliner ini?? awas ketagihan brosis. Wassalamu’alaikum… :)

5 thoughts on “Sambal Tumpang, Kuliner Khas Kota Kediri Yang Melegenda – Bisnis Tiket Online

  1. Asik banget sepertinya nih wisata kuliner di Kediri. Untuk mencapai Kediri dari Surabaya bagaimana caranya ya Bos? Kendaraan umum, biar murmer. Kalo musti nyewa mobil, terlalu dalam membobol kantongnya.

    • banyak kok gan, bus jurusan kediri. naik bus jurusan surabaya-tulungangung bisa nanti turun di terminal kediri. atau naik motor juga 3 jam nyampe ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>